Saturday, September 19, 2015

Mudahnya Membuat Kalimat Bahasa Inggris

Untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris tidak selalu dianggap sesuatu yang sulit. Mengapa demikian? Jika kita mendatangi sebuah desa terpencil di pedalaman Mentawai misalnya, sama saja dengan berada di sebuah desa di Michigan. Andai kita tak mengerti satu kata pun, masih ada bahasa isyarat sebagai alat bantu.

Namun apa pun bahasa yang dipakai, cara berkomunikasi semua manusia di muka bumi ini sama. Meminta informasi, ya bertanya. Mememberi informasi, ya dengan membuat kalimat positif atau afirmatif. Apabila meminta orang untuk menjalankan sebuah informasi atau disebut perintah, ya gunakan kalimat perintah. Aktifitas yang paling mudah adalah melalui berbicara atau Speaking, tentunya sikap yang diambil disesuaikan dengan budaya setempat.

Dalam bahasa Inggris, membuat kalimat paling mudah itu cukup dengan predikat saja, sebab hanya dengan satu kata saja, sudah bisa membuat kalimat yang berdiri sendiri. Kalimat yang dimaksud adalah kalimat perintah.

Lihat saja contoh berikut ketika saya pernah menyampaikan materi motivasi bekerja kepada karyawan. Saya membuka acara pelatihan dengan kata-kata berikut :
Stand up, please! Silakan berdiri, sembari mengarahkan kedua tangan saya dari bawah ke atas
Sit down, please! Silakan duduk, dan para karyawan pun duduk.
Listen to me! Dengarkan saya
Answer my question!

Ketika itu saya akan memberi motivasi karyawan mengapa dan untuk apa mereka bekerja. Bekerja di perusahaan adalah sebuah aktifitas menjalankan perintah yang sudah disusun oleh manajemen perusahaan tersebut. 

Ternyata, komunikasi dalam bahasa Inggris itu mudah asal kita tahu saja dengan inti dari sebuah kalimat :KATA KERJA ATAU VERB!!.

Untuk itu, dalam memudahkan kita untuk memahami bahasa Inggris, hafalkan kata kerja sepuluh buah sehari, dan kalau bisa yang relevan dengan yang benar-benar kita lakukan. Misalnya berjalan, berlari, menulis, membaca, makan, pergi, datang, mendengar, memanjat, bertengkar, meraih, mengantar, mendorong, dan lainnya. 

Pokoknya untuk tahap awal kata kerja dulu, kemudian susulkan dengan objeknya. Misal : eat banana, artinya makan pisang. 

Pada kesempatan ini, yang disebut mudah membentuk kalimat kita mulai dari kalimat sederhana, yakni kalimat perintah, yang bisa dibentuk dengan satu kata Verb, atau dua kata saja diikuti dengan kata benda sebagai objek (noun)

Selamat mencoba dan mengumpulkan kata kerja terutama yang digunakan dalam Speaking (bicara)
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment